Senin, 02 Februari 2009

cahaya

Cahaya merupakan sejenis energi berbentuk gelombang elekromagnetik yang bisa dilihat dengan mata. Cahaya juga merupakan dasar ukuran meter: 1 meter adalah jarak yang dilalui cahaya melalui vakum pada 1/299,792,458 detik. Kecepatan cahaya adalah 299,792,458 meter per detik.
Cahaya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Matahari adalah sumber cahaya utama di Bumi. Tumbuhan hijau memerlukan cahaya untuk membuat makanan.
Sifat-sifat cahaya ialah, cahaya bergerak lurus ke semua arah. Buktinya adalah kita dapat melihat sebuah lampu yang menyala dari segala penjuru dalam sebuah ruang gelap. Apabila cahaya terhalang, bayangan yang dihasilkan disebabkan cahaya yang bergerak lurus tidak dapat berbelok. Namun cahaya dapat dipantulkan .
Daftar isi[sembunyikan]
1 Pembiasan cahaya
2 Pantulan cahaya bergantung kepada jenis permukaan
2.1 Alat-alat yang berfungsi berdasarkan prinsip pembiasan cahaya ialah:
3 Warna-warna dalam cahaya matahari
4 Penyerakan cahaya putih matahari
5 Teori tentang cahaya
5.1 Teori abad ke-10
5.2 Teori Partikel
5.3 Teori Gelombang (atau Ray)
5.4 Teori Elektromagnetik
5.5 Teori Kuantum
5.6 Teori Dualitas Partikel-Gelombang
6 Panjang Gelombang Tampak
6.1 Rumus kecepatan-cahaya
6.2 Perubahan dalam kelajuan cahaya
6.3 Sejarah pengukuran kelajuan cahaya
7 Warna dan Panjang Gelombang
8 Pengukuran Cahaya
9 Sumber Cahaya
10 Lihat pula
//

[sunting] Pembiasan cahaya
Cahaya dibiaskan apabila bergerak miring melalui medium yang berbeda seperti dari udara ke kaca lalu melewati air. Keadaan ini disebut sebagai pembiasan cahaya. Hal ini karena cahaya bergerak lebih cepat di medium yang kurang padat. Namun cahaya yang datang dengan sudut datang 90 derajat, (tegak lurus) melalui medium yang berbeda tidak dibiaskan. Contoh hal pembiasan dalam hal sehari-hari adalah seperti pada kasus sedotan minuman yang kelihatan bengkok dan lebih besar di dalam air, atau pada kasus dasar kolam kelihatan lebih cetek dari kedalaman sebenarnya.

[sunting] Pantulan cahaya bergantung kepada jenis permukaan
Citra dapat dilihat di dalam cermin karena ada pantulan cahaya. Pantulan cahaya itu lebih baik dan teratur pada permukaan yang rata. Pantulan cahaya agak kabur pada permukaan yang tidak rata. Cermin dan permukaan air yang jernih serta tenang adalah pemantul cahaya yang baik. Ini membuat kita dapat melihat wajah dan badan kita di dalam cermin.

[sunting] Alat-alat yang berfungsi berdasarkan prinsip pembiasan cahaya ialah:
Kaca pembesar
Mikroskop
Teleskop
Lup
Teropong

[sunting] Warna-warna dalam cahaya matahari
Cahaya putih matahari terdiri daripada tujuh warna iaitu:
Merah
Jingga
Kuning
Hijau
Biru
Nila (Indigo)
Ungu
Apabila ketujuh warna ini bercampur, cahaya putih akan dihasilkan. Warna-warna dalam cahaya putih matahari dapat dipecahkan dengan menggunakan prisma menjadi jalur warna. Jalur warna ini dikenal sebagai spektrum sedangkan pemecahan cahaya putih kepada spektrum ini dikenal sebagai penyerakan cahaya. Pelangi adalah contoh spektrum yang terbentuk secara alamiah. Pelangi terbentuk selepas hujan, ketika cahaya matahari dibiaskan oleh tetesan air hujan. Tetesan air itu hujan bertindak sebagai prisma yang menyerakkan cahaya matahari menjadi tujuh warna.

[sunting] Penyerakan cahaya putih matahari
Spektrum warna terbentuk karena cahaya yang berlainan warna terbias pada sudut yang berlainan. Cahaya ungu terbias dengan sudut paling besar. Cahaya merah terbias dengan sudut paling kecil. Warna-warna spektrum dapat digabungkan semula bagi menghasilkan cahaya putih dengan menggunakan dua prisma.

by Novi 9f

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar