Sabtu, 14 Februari 2009

Artikel keagamaan

NUZULUL QUR'AN DAN LAILATUL QADAR

Nuzulul qur'an adalah waktu turunnya al-qur'an ang bertepatan dengan malam yang disebut lailatul qadar.diketahui bahwa malam lailatul qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan ramadhan. sementara itu nuzulul qur'an sering diperingati pada tanggal 17 ramadhan, dengan mengadakan penggajian atau tabligh akbar, dan bukan pada malam lailatul qadar. pada tanggal tersebut Rasulullah SAW pada umur 41 tahun mendapatkan wahyu pertama kali. yaitu surat al-alaq ayat 1-5 ketika beliau berkhalwat di gua Hira, Jabal Nur,kurang lebih 6km dari Mekkah.wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat al-alaq ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi:
1.Bacalah dengan(menyebut) namaTuhanmu yang menciptakan.
2.Dia menciptakan manusia dari sgumpal darah.
3.Bacalah,dan Tuhanmulah yang maha pemurah.
4.Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam.
5.Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahinya.
Nuzulul qur'an yang diperingati oleh umat islam di maksudkan itu adalah sebagai peringatan turunnya ayat al-qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. adapun lailatul qadar merujuk kepada malam diturunkanya al-qur'an dari Lahil Mahfudz ke Bitul Izzah atau langit dunia.dikisahkan bahwa pada malam itu langit menjadi bersih,tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi,tidak dingin dan tida panas.
Tanda-tanda orang mendapatkan lailtul qadar adalah diantaranya perilaku dan ibadahnya setelah ramadhan adalah meningkat.Rasulullah SAW bersabda yang artinya:barang siapa yang menghidupka malam lailatul qadar (dengan shalat,berdzikir atau membaca qur'an) dengan iman dan mengharapkan ganjaran akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.
Diantara malam lailatul qadar adalah terbitnya matahari dipagi harinya dengan sinar yang tidak terlalu terang.Malam lailatul qadar berpindah-pindah di malam-malam kesepuluh terakhir (ramadhan).Malam-malam ganjilnya adalah lebih besar kemgkinannya dan malam ke-27 adalah yang paling besar kemungkinannya diantara malam-malam ganjil tersebut.
Nama:-Kiki Anggraeni
-Nur Rohmah
Kelas:9f
Sumber:-Google
-Buku agama
-Majalah Islam
TUGAS UTS,14-15 FEBRUARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar